kuliner / makanan / minuman

Mie Galau, Makanan Unik ala Anak Muda Kota Malang

Warna hijau yang begitu menggugah selera dan rasa pedas yang membuat lidah ngiler

Warna hijau yang begitu menggugah selera dan rasa pedas yang membuat lidah ngiler

Pasti sebagian besar anak muda Kota Malang tahu dengan makanan yang bernama Mie Galau. Makanan yang satu ini, kini menjadi menu favorit yang banyak  diburu. Bukan hanya karena enak dan lezat tetapi karena mie yang ditawarkan berbeda dengan yang lainnya.  Mie yang juga memiliki beberapa level rasa pedas ini, selalu menjaga cita rasanya agar pelanggan tidak berpaling. “bedanya mie kita dengan yang lain karena kita punya rasa dan itu yang selalu kita jaga”, tutur Hanif Budi Darmawan, pemilik kedai mie galau.

            Pemberian nama “Galau” untuk produknya bukan tanpa alasan. Menurut Hanif, ide awal tercetus nama tersebut karena galau adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh anak muda termasuk adiknya. Ketika perasaan itu muncul, ia justru menyimpulkan ternyata galau itu enak jika dinikmati. Dari sinilah, brand untuk mie yang ia jual muncul.

            Selain itu, musik yang disajikan di kedai ini pun adalah lagu-lagu galau seperti Galau milik Citra Scholastika dan Bunga Terakhir milik Beby Romeo. Yang tidak kalah membuat galau adalah tempatnya yang kurang leluasa, sehingga untuk parkir saja sedikit susah. Dan kegalaun berikutnya adalah ketika makan mie dengan rasa pedas yang membuat orang kebingungan. “Menurut teman saya, nama galau memang cocok untuk mie yang saya jual. Ketika mau parkir galau karena tempatnya sempit, musiknya galau, dan makan mienya juga bikin galau karena kepedesan”, ungkap laki-laki yang berpostur gendut ini.

            Mie yang ditawarkan pun memiliki warna yang unik yaitu hijau dan diberi nama Green Galau. Meskipun warnanya tidak lazim, tetapi mie ini menjadi menu andalan kedai yang berada di Jalan Mawar IV Nomor 20 Malang. Dengan dibrandol hanya Rp 9.500,- saja makanan ini selalu habis setiap harinya. “kita tidak pernah menampung bahan baku di gudang, jadi setiap hari berapapun porsi yang kita sediakan selalu habis”, tutur Hanif.

            Menyadari tidak semua orang suka dengan mie yang berwarna hijau, di tempat makan yang buka mulai bulan Februari 2012 ini juga menyediakan mie kuning yang disebut mie galau. Untuk makanan yang satu ini, Hanif hanya membrandol seharga Rp 8000,- saja. Sama halnya dengan mie hijau, mie kuning juga tersedia dengan beberapa level seperti original untuk yang tidak suka pedas, hot dengan satu sendok teh sambal, Xtra hot dengan dua sendok teh sambal, Xtreme hot dengan empat sendok teh sambal dan Xtreme hot by request dengan lima sampai sepuluh sendok teh sambal.

            Tidak hanya itu, di tempat makan yang buka setiap hari jam 11 siang ini juga menyediakan menu lain seperti gado-gado galau dengan harga Rp 9000,- saja. Gado-gado yang ada disini memiliki porsi yang besar. Selain itu, disediakan juga beberapa minuman yang nikmat seperti es leci, es campur, es teler, es jeli-jeli dan lain-lain. Minuman-minuman tersebut rata-rata dibandrol seharga Rp 6000-, saja.

            Untuk memanjakan pelanggan, Hanif menawarkan dua topping sebagai pelengkap ketika makan mie. Ada topping bakso dengan harga Rp 3000,-/dua buah dan topping keju dengan harga Rp 2000-, saja. Ide pemberian pelengkap ini ia dapat dari temannya yang seorang Cheff. Tetapi, bagi pelanggan yang tidak suka dengan topping yang disediakan tidak perlu khawatir, karena dalam satu porsi mie sudah ada siomay dan taburan ayam.

            Bagi Youngers yang suka sekali dengan olahan dari abahn baku mie, kedai mie galau ini waajib dicoba. Selain rasanya yang mantap, harganya pun juga terjangkau. Selamat mencoba Youngers. (FJ-399)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s