enterpreneur / tokoh

Bisnis Softlens melalui Online Shop

Alma, pebisnis muda melalui online shop.

Alma, pebisnis muda melalui online shop.

Bisnis biasanya dilakukan di kehidupan nyata, namun dengan kemajuan teknologi yang ada di dunia maya pun kini orang-orang dapat melakukan transaksi jual beli. Online shop atau yang biasa disebut dengan olshop kini menjadi bisnis yang sedang ngetrend. Tidak hanya orang tua anak muda pun mulai merintis bisnis lewat internet ini.
Alma, adalah salah satu dari sekian banyak anak muda yang mencoba belajar berbisnis lewat online media. Berawal dari suka memakai softlens ia kemudian mempunyai ide untuk berbisnis contact lens. “ Menurutku waktu itu, bisnis softlens ini menjanjikan, jadi ya sudah saya ambil peluang di situ”, tutur mahasiswi yang mengambil jurusan public relation ini. Bermodalkan Rp. 0,- ia memulai usahanya dengan hanya mengandalkan internet. Hal ini dikarenakan ia hanya menjadi dropship dari supplier.
Lewat facebook ia kemudian “menggelar” barang dagangannya tersebut. Setelah mendapatkan untung sedikit ia gunakan untuk membeli Blackberry yang berguna membantunya untuk berjualan lewat layanan BBM. Saat ini ia sudah membangun web khusus untuk menjual softlensnya. Sehingga pembeli dapat mendapatkan informasi secara lengkap mengenai produknya. Harga yang miring menjadi kunci keberhasilan bisnis olshopnya. Alma mengaku ia dapat menghasilkan pendapatan bersih sekitar 5 juta per bulannya. Untuk ukuran seorang mahasiswi tentulah penghasilan tersebut cukup besar dan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.
Gadis manis berambut panjang ini menuturkan bahwa kini ia mempunyai lima reseller aktif, yakni orang yang menjual kembali produknya. Sehingga sehari ia bisa menjual sekitar 300 pasang softlens. Namun, bukan tanpa kendala ia menjalankan roda bisnisnya. Alma mengakui ia hampir pernah mengalami penipuan. Banyak customer-nya yang mengaku sudah melakukan transferan uang namun ketika di cek tidak ada uangnya dan mengirimkan bukti pengiriman palsu. Masalah lain adalah ada customer complain barang belum sampai padahal kebalikannya. Namun semua bisa diatasinya dengan menjadi pebisnis yang teliti dan menyimpan semua resi dan arsip pengiriman.
Bagi Alma menjadi seorang pebisnis olshop adalah sebuah tantangan. “Seru aja sih kelihatannya, kalau hari ini pengen dapat uang jajan ya jualan kalau nggak pengen dapat ya libur”, ujarnya. Ia kemudian member tips bagi calon wirausahawan muda yang lain. “Jangan takut mencoba, cari peluang yang lagi booming pasti nantinya laku”, ucapnya semangat. (poet-401)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s