komunitas / lifestyle

Dance K-Pop dan DE-OX Crew, Sering Ditegur Bahkan Sampai Diusir

Para dancer perempuan yang pada saat latihan di salah satu lahan kosong MOG Malang, kemarin (25/12).

Para dancer perempuan yang pada saat latihan di salah satu lahan kosong MOG Malang, kemarin (25/12).

Mengembangkan bakat yang dimiliki adalah suatu hal yang menyenangkan. Apalagi jika ada wadah yang dapat mendukung bakat dan minat tersebut. Hal inilah yang kini sedang marak pada anak muda Kota Malang. Banyak sekali bermunculan komunitas yang sesuai minat masing-masing. Seperti komunitas dance yang saat ini sangat diminati.

Maraknya komunitas yang mengedepankan kreatifitas seperti dance moderen, ternyata tak diringi dengan fasilitas yang memadai. Beberapa komunitas menggunakan lahan kosong yang ada di dalam mall seperti Mall Olympic Garden (MOG) sebagai tempat latihan mereka. “ tidak ada tempat lain lagi”, tutur Elka Risma Ifari selaku ketua dari komunitas dance yang beraliran K-Pop. Ia juga menambahkan, hanya tempat latihan tersebut yang strategis dan tidak dipungut biaya sepersen pun, sehingga mudah dijangkau oleh semua anggota.

Ketua komunitas yang berdiri pada 23 Juni 2012 ini, mengaku sering diusir oleh pihak keamanan mall. “Kita sering diusir oleh pihak mall, tapi jika akan ada acara saja, kalau tidak ada baru kita bisa latihan dengan aman,” ungkap wanita yang masih duduk di bangku SMP ini. Meskipun sering mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan, mereka tetap memakai lahan kosong tersebut sebagai tempat latihan yang nyaman.

Pemakaian tempat secara ilegal seperti ini, sebenarnya telah disadari oleh mereka. Akan tetapi semangat untuk terus berkreasi membuat mereka tak peduli dengan ancaman pengusiran yang sewaktu-waktu dilakukan oleh pihak mall. “Ya kita tahu kalau ilegal,tapi mau gimana lagi daripada kita main yang gak jelas mending kita latihan dance, meskipun pakai lahan orang lain”, tutur Risma sambil tertawa ringan.

Sama halnya dengan komunitas K-Pop, komunitas yang beraliran breakdance pun memanfaatkan lahan kosong yang berada di Mall Olympic Garden. Menurut Darmawan, salah satu anggotanya, tempat tersebut luas dan enak untuk digunakan latihan. Selain itu, suasana mall yang menyenangkan dan sesuai dengan gaya anak muda membuat mereka tidak mau berpindah tempat. “Disini tempatnya luas dan enak jadi buat latihan sekalian refreshing gitu”, ungkap laki-laki yang akrab dipanggil Wanwan ini.

Komunitas yang berdiri pada Oktober 2011 ini, biasanya berlatih di sekolah yaitu di SMPK Cor Jesu Malang. Akan tetapi, mereka mengaku lebih leluasa melakukan breakdance di lahan kosong yang ada di MOG. Inilah yang membuat mereka lebih sering berlatih di mall daripada di sekolah.

Dancer cowok yang tak mau kalah eksis juga memperagakan aksi ngedancenya.

Dancer cowok yang tak mau kalah eksis juga memperagakan aksi ngedancenya.

Berbeda dengan komunitas dance K-Pop, komunitas yang bernama DE-OX Crew ini, tidak pernah diusir oleh pihak mall. Hanya saja mereka pernah ditegur karena menggunakan listrik. Oleh karena itu, setiap latihan mereka jarang menggunakan musik. “Ya…kita memang belum pernah diusir oleh pihak keamanan mall, tapi pernah ditegur gara-gara menggunakan listrik”, ungkap siswa yang sekarang ini masih duduk di kelas sembilan.

Dua komunitas di atas hanya merupakan contoh kelompok anak muda yang menggunakan lahan kosong mall secara ilegal. Sebenarnya masih banyak komunitas dance yang menggunakan lahan tersebut. fasilitas yang kurang memadai tak membuat mereka patah semangat.

Ya…beginilah Youngers semangat dari anak-anak muda Kota Malang saat ini. Meskipun harus bermain “petak umpet” dengan pihak keamanan MOG, tetapi mereka tetap tak gentar untuk terus berlatih dan berkresi. Terkadang memang butuh perjuangan Youngers, jika ingin mencapai apa yang diinginkan. Untuk para Youngers yang ingin bergabung dengan mereka, cukup datang saja ke MOG dan selamat bergabung. (Fj-399)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s