event

Suka Cita Muharram Bershalawat

Banyak cara yang dilakukan untuk merayakan datangnya satu suro sebagai tahun baru umat Muslim. Seperti yang dilakukan oleh anak-anak muda Malang dalam mengikuti acara “Muharram Bershalawat” Rabu (14/11) kemarin. Kegiatan yang pertama kali diadakan ini diikuti oleh 29 komunitas musik perkusi kontemporer se-Kota Malang. Berjalan dari Jalan Simpang Balapan hingga Jalan Merdeka Barat, para peserta tak hentinya memainkan musik dan menari sebagai tanda suka cita datangnya tahun baru.

“Pemilihan musik perkusi ini sebagai pelestarian budaya di perayaan malam satu suro karena dapat mempersatukan kaum muda dan bukan merupakan musik kampungan yang saat ini sedang digandrungi oleh generasi muda Kota Malang,” tandas Priyo Sunanto selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini.

Panitia yang terdiri dari anggota komunitas budaya kampung cemplok ini telah sukses melaksanakan kegiatannya. Namun bukan berarti tak ada kendala yang dihadapi. Pendaaan adalah masalah yang muncul ketika menyiapkan kegiatan ini. “Kami sudah berusaha mencari kesana kemari. Tapi karena kesadaran dari semua pihak yang mengikuti kegiatan ini, akhirnya acara tetap berjalan meskipun para peserta hanya diberi uang tiga ratus ribu rupiah saja,” tutur lelaki yang juga menjabat sebagai ketua komunitas kampung budaya cemplok ini.

Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semua pihak untuk tetap mengadakan acara yang hanya dipersiapkan selama tiga minggu. Terbukti dari semangat yang ditunjukkan oleh anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas Putra Manunggal. Menurut Gimun selaku koordinator, mereka sangat senang dan antusias sekali dengan adanya kegiatan ini.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi icon Kota Malang dengan konsep yang berbeda dengan lainnya,” tutur Priyo. Ia juga berharap pemerintah Kota Malang peduli dengan pecinta seni dan memberi ruang atau wadah untuk berkreasi. (Fj-399)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s