tokoh

Mereka Mampu Menciptakan Energi Alternatif Pada Mobil

Salam hangat dan salam sehat selalu para youngers. berita tentang tokoh pemuda kota malang kali ini merupakan ilmuwan muda, yang telah mengharumkan nama bangsa kita, yang telah membuktikan karyanya hingga kerana internasional, peraih medali emas dalam ajang kompetisi International young investors project olympiad (IYIPO) ke-6 di Tibilis, Georgia. Mungkin para youngers sebagian ada yang belum tahu, yups.. dia adalah Nando Novia Hari Saputra (18) bersama partnernya Nurul Inayah (17). Saat ini mereka berdua telah duduk di kelas 12 IPA, SMAN 10 Malang, dengan temuannya yang bernama Photoelectrosystem.

Tahukah youngers apa sih Photoelectrosystem itu? Merupakan temuan mereka berdua berupa energi alternatif untuk bahan bakar mobil. Coba tebak energi alternatif apa yang mereka pergunakan? Awal dari penemuan energi alternatif ini merupakan permasalahan yang ada disekitar sekolah mereka berdua yakni bocornya tempat limbah air kencing, dimana pada awalnya, “ketika jam sholat tercium bau yang tidak sedap” ujar Nando. Maka sejak itu mereka berdua mencari solusi untuk penyelesaian masalah ini.
Laki-laki muda berdarah asli madiun ini menceritakan banyak orang lain yang memanfaatkan air kencing ini sebagai bahan kompos cair. Ketika mereka berdua harus memutar otak dan 3 bulan lamanya serta menghabiskan dana kurang lebih 1,3 juta hingga akhirnya penelitian mereka membuahkan hasil, didalam kandungan air kencing tersebut terdapat banyak sekali hydrogen. “memanfaatkan banyaknya kandungan hydrogen yang ada dalam air kencing” ungkap nando. nah… hydrogen inilah yang nantinya menjadi energi alternatif untuk bisa menggerakkan mobil yang mereka ciptakan dengan bantuan tenaga surya.

Adapun prinsip kerjanya, listrik bertenaga surya itu disimpan dalam baterai. Sebanyak 75 persen energi yang disimpan itu bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan motor. Sementara sisanya dapat digunakan dalam proses elektrolisasi. “Dengan alat elektrolizer tersebut elektrolit berupa urine mampu menghasilkan gas hidrogen dan nitrogen sebagai limbah yang dilepaskan ke udara,”ujar Nurul. Ternyata satu liter maksimal urine yang dihasilkan mampu melaju sejauh 17 kilometer. (Sumber: kamis, 3 mei 2012, Kompas.com)

Bagaimana youngers.. amazing bukan ilmuwan muda bangsa kita ini, akan tetapi kita ketahui, sebenarnya masih banyak ilmuwan-ilmuwan dari negara kita masih kurang begitu diperhatikan dari instasi yang berhubungan. Ya.. realitanya seperti pemuda-pemuda ini, Nando mengatakan, penghargaan yang didapat masih jauh dari usaha yang kita usahakan selama ini.

ketegangan

youngers, dibalik kesuksesan hasil dari jerih payah mereka berdua dalam ajang kompetitif IYIPO, Ketika melihat para pesaing dengan hasil karyanya yang begitu bagus membuat laki-laki muda ini sempat merasa gugup dan kurang percaya diri. “awalnya nerves dan kurang percaya diri melihat para pesaing kontestan IYIPO dengan karyanya yang bagus-bagus” ungkap nando saat diwawancarai kemarin (07/11).

Memang wajar apabila manusia memiliki ketegangan dalam menghadapi musuh yang dihadapinya, akan tetapi Untuk menghilangkan rasa ketidak percayaan diri ini, pemuda SMAN 10 Malang ini mengungkapkan bahwa disini kita membawa manfaat bagi lingkungan sekitar dan membawa nama baik negara. “jadi mau gak mau harus berikan yang terbaik untuk negara kita” tambahnya.

Pesan

Untuk para youngers dan pemuda penerus bangsa yang ingin seperti mereka berdua, disini mereka berpesan “sebesar apapun orang-orang yang ada disekitar kita, bukan berarti sekecil apapun kamu dihadapan mereka. Tunjukkan sebesar apapun kita dihadapan mereka untuk menjadi yang terbaik dan jangan membohongi pada diri sendiri”. (dims-169)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s