enterpreneur

Iseng Beromzet 2 Juta Perbulan

Berawal keisengan untuk membuat minuman yang memadukan teh dan susu fermentasi. Alhasil minuman olahannya ini ternyata memiliki banyak penggemar.

Modal awal Rp 3 juta dengan meminjam dari orangtua sekitar 2010. Saat ini per outlet paling kecil menghasilkan Rp 2 juta per bulan. Outlet lain yang ramai bisa lebih dari itu. Victor Giovan Raihan, pelajar 18 tahun ini menamainya teh kempot, berasal dari cara orang minum teh kemasan dengan sedotan, jika teh terasa enak dan hampir habis pasti orang akan terus menyedot hingga bentuk pipinya kempot.

Memiliki 10 outlet yang dikelola sendiri dan 17 outlet yang dikelola oleh mitranya. Bermitra dengannya cukup bayar Rp 3,5 juta dan akan mendapatkan 1 paket booth (gerobak), alat masak dan 100 cup (gelas kemasan) pertama. Dua mitra diantaranya ada di Jakarta dan Palembang, lainnya tersebar di Kota Malang.

Selain teh yoghurt, sulung dua bersaudara ini memang lebih dulu mengelola bisnis bakso. “Outlet baksonya baru ada lima dan kesemuanya ada di Malang. Tahun ini, ia berencana nambah lima outlet lagi.” ujar usahawan muda yang bermukim di Jalan Panji II Kepanjen ini.

Per kemasan atau segelas teh yoghurt ukuran 250 ml dijual seharga 2.000-2.500. Jumlah karyawan yang bekerja padanya kini tak kurang dari 50 orang, termasuk untuk outlet bakso dan teh yoghurt. Setiap harinya, ia bisa menghabiskan 20 kg daun teh kering untuk diproduksi atau menjadi 70 gelas. Gula yang dibutuhkan 4 kg per outlet per hari. Sedangkan kebutuhan daging untuk bakso sekitar 20 kg per hari.

“Usaha bakso tetap akan jadi bisnis utama karena omzetnya yang lumayan besar, kalau teh hanya sampingan. Ke depan, saya akan tambah mitra di kota-kota besar, seperti Surabaya dan Sidoarjo,” lanjut siswa SMA Negeri 1 Kepanjen ini. Ia mengaku, jalan yang ia tempuh dari hasil kerja kerasnya kini membawa keberuntungan yang luar biasa di usianya yang masih belia. (by-415)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s